Melamar Pekerjaan Melalui E-mail

Beberapa hari yang lalu, aku mencoba melamar pekerjaan di beberapa perusahaan. Nah dijaman sekarang ini, ada banyak cara untuk kita bisa melamar pekerjaan. Bisa melalui surat yang dikirim lewat pos, surat elektronik (email), juga melalui aplikasi atau website pencari kerja seperti Jobstreet, LinkedIn, Karir.com, dan lain sebagainya.

Jadi ada dua lowongan yang aku lamar, yang pertama via jobstreet, yang satunya lagi via email. Nah aku mau bagi ke kalian bagaimana cara melamar kerja melalui email dan bagaimana membalas undangan interview kerja.
Beberapa minggu yang lalu aku sempet baca keluhan salah satu HRD di twitter. Dia bilang, kalau ada beberapa pelamar kerja yang mengirim lamaran via email, tapi "surat lamaran"nya berupa lampiran pdf atau masih dalam format Ms. Office Word. Nah yang kaya gitu, sebaiknya jangan ditiru ya temen-temen. Terus gimana caranya?

MEMBUAT & MENGIRIM LAMARAN KERJA

Pertama, kita siapin semua dokumen-dokumen yang dibutuhin dalam bentuk soft-file, biasanya sih dalam format PDF. Apa saja dokumen yang harus kita kirim dalam lamaran kerja? Dokumen seperti CV, Ijazah, Transkip Nilai, dan Pas Photo itu sudah cukup. Kecuali perusahaan yang kalian lamar memiliki syarat-syarat tertentu seperti SKCK, Surat Keterangan Sehat, dsb.  Beberapa perusahaan juga ada yang hanya meminta kita untuk mengirim CV dan Portofolio saja. Letakkan dokumen-dokumen tadi disatu folder ya, supaya nanti gampang nyarinya waktu mau upload.

Kedua, kita bisa memulai membuat email lamaran. Isi terlebih dahulu kolom "Kepada" dengan alamat email perusahaan:
Lalu isi "Subjek" email dengan "Lamaran Pekerjaan-(…...posisi yang dilamar)". Contoh : 
Sekarang tinggal mengisi body email dengan surat lamaran kerja kita, nah ini aku mau kasih contoh surat lamaran dalam email

Ketiga,  lampirkan dokumen yang sudah disiapkan tadi dan diurutin sesuai keterangan disurat lamaran yaa, kaya contoh diatas. Oh iya, untuk ukuran dokumennya jangan terlalu besar, usahakan satu dokumen berukuran kurang dari 500kb. Jadi nanti cepat uploadnya dan mempermudah HRD membaca/memeriksa dokumen kita. Rumusnya : kualitas bagus-ukuran minim.

Keempat, baca ulang semuanya, jangan sampai ada kesalahan sedikit pun. Salah ketik saja bisa  menjadi penilaian yang kurang baik dimata HRD. Kita bisa dianggap kurang teliti. Nah kalau sudah yakin tidak ada kesalahan, langsung kirim deh. Dan jangan lupa berdoa :)

MEMBALAS UNDANGAN INTERVIEW

Biasanya butuh beberapa hari untuk pihak perusahaan-HRD membalas surat lamaran kita. Sembari mengunggu, kita mesti berdoa supaya lulus seleksi dan dipanggil untuk interview. Semoga kalian-kalian yang lagi baca post ini bisa segera dipanggil interview kerja, amiin. Terus gimana nih kalau kita dapat panggilan/undangan interview? Langkah pertama yang mesti kita lakukan adalah membalas undangan tersebut. Berikut ini adalah contoh bagaimana membalas undangan interview kerja :
Lalu segera siapkan dokumen yang akan dibawa untuk interview. Maaf ni temen-temen, aku belum bisa bagi tips gimana cara menghadapi HRD saat interview. Maklum ya, bukan bidangku soalnya, takut nanti malah salah hehe :D Sekian dulu dari aku, semoga bermanfaat :)


Komentar